Istilah atau sebutan dan kamus dalam hobi koleksi diecast Hotwheels bagi para diecaster Hotwheels mungkin sering membaca kata – kata dengan istilah, Blister, Mint, Akta dan sebagainya.

Namun bagaimana bagi orang yang baru mau memulai pasti akan bingung dengan istilah di dunia hobi Hot Wheels? Kali ini saya yang juga newbie diecaster mencoba bagi para penggemar Hotwheels yang baru memulai untuk menyimak istilah – istilah tersebut.

HOT WHEELS
Hot Wheels yaitu mainan mobil memiliki bahan metal (die cast) yang di produksi oleh produsen mainan anak-anak yaitu Mattel Inc. di Amerika Serikat sejak th. 1968, yang juga menghasilkan mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang sudah lebih dahulu masuk ke Indonesia mulai sejak tahun1970.

BLISTER
Blister dalam hobi koleksi Hotwheels yaitu suatu bentuk paket dalam penjualan suatu diecast Hotwheels. Di mana paket itu terbagi dalam plastik bening serta kertas pembungkus atau card yang di segel atau heat seal coating. Di mana dalam paket blister Hotwheels terdapat lubang yang memungkinan diecast Hotwheels digantung.

MINT
Hot Wheels dalam kondisi MINT artinya beberapa kolektor atau penggemar Hotwheels menyebutnya diecast dalam keadaan istimewa atau hampir seperti baru tetapi tanpa ada kemasannya dalam bentuk blister. Tetapi umumnya sisa pajangan dan bukanlah sisa dimainkan apalagi sampai lecet.

SUPER MINT/RARE
Hot Wheels Super Mint/Rare artinya beberapa kolektor atau penggemar Hotwheels menyebut diecast Hotwheels dalam keadaan istimewa sekali dan seperti baru dan diecast Hotwheels berada dalam kemasannya. Karena diecast Hotwheels yang bagi para penggemar Hotwheels sulit didapat saat ini maka disebut Rare/langka. Semisal : Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya sebuah diecast Hot Wheels karena memanglah di buat dalam jumlah terbatas atau sedikit.

TH DAN TH$
Hotwheels TH dan Hotwheels TH$ Adalah istilah Hotwheels yang biasa digunakan sebagai singkatan dari Treasure hunt dan Super Treasure Hunt.

FACTORY SEALED
Hotwheels yang terdiri dari satu paket edisi diecast yang digabung dalam 1 kemasan besar. Hotwheels tersebut di segel langsung dari pabrik dan produksinya terbatas. Selain Hotwheels AKTA, para kolektor juga mengincar Factory Sealed dan dapat pula dibedakan dari STICKER SILVER HOLOGRAM yang terdapat pada blister Hotwheels.

CHIP
Chip Hotwheels artinya digunakan untuk kondisi Hot Wheels terdapat noda atau goresan berupa titik atau bocel pada mobil diecast Hotwheels.

SCRATCH
Scratch Hotwheels artinya digunakan untuk kondisi Hot Wheels terdapat goresan berupa garis pada cat mobil diecast Hotwheels.

AKRILIK
Berupa bahan sejenis plastik/fiber berwarna bening umumnya digunakan untuk membuat rak diecast Hot Wheels. Atau ada pula diecast yang dikemas memakai kotak akrilik agar terlihat lebih eksklusif.

AKTA
Hotwheels Akta adalah di mana blister Hot Wheels terdapat informasi mengenai diecast mobil yang berkaitan di belakang blister/bungkusnya. Hotwheels Akta biasanya terdapat di diecast Hotwheels yang keluar di pasaran Amerika saja. Jadi yg beredar di Indonesia walaupun tidak ada aktanya tetap sama originalnya dengan yg ber-akta.

Banyak kolektor yang menyimpan blister dengan keadaan awal tanpa membuka blisternya. Hal itu yang membedakan antara US CARD dan INTERNATIONAL CARD. Hotwheels yang mempunyai stiker AKTA juga secara otomatis memiliki harga yang lebih mahal di mata para kolektor walaupun versinya sama.

LOOSE
Hotwheels LOOSE berarti blister/kemasan/bungkus telah di buka. Ada yg blisternya masih tetap disimpan atau langsung dibuang. Buat kolektor kelompok Hotwheels loose tidak terlalu mempermasalahkan blister selama diecast Hotwheels tidak dalam kondisi Chip dan scracth..

GANTUNGAN
Harga Hot Wheels gantungan yaitu harga diecast Hotwheels sama seperti jika kita mendapatkannya di toko – toko mainan umumnya.

ERROR
Product cacat yg tak disengaja dari pabrik. Semisal : lain posisi menghadap, missing tampo, salah blister, dan lain-lain. Umumnya hal ini adalah suatu kebetulan serta langka sehingga menjadi diecast Hotwheels yang unik sehingga menjadikannya mempunyai harga jualnya juga tinggi. Tentunya melihat dari versi Hotwheelsnya juga.

CHASE CAR
Chase Car Hotwheels adalah diecast mobil terdapat tanda/signature tesendiri yang sifatnya unik serta produksinya lebih sdikit. Misalnya hotwheels edisi phil’s garage sama larry’s garage di mana masing – masing di beberapa mobil spesifik ada tanda tangannya mereka dibagian bawah/chassisnya.

DISPLAY CASE
Display Case adalah sebuah kotak atau box diecast yanf memiliki bahan plastik/akrilik untuk memajang diecast Hotwheels

ZAMAC
Hotwheels versi ZAMAC adalah singkatan dari Zinc, Aluminum, Magnesium, and Copper alloy. Yang merupakan bahan basic atau dasar dari pembuatan diecast.

MINT IN BOX/MIB
Maksudnya adalah barang atau item yang dijual dalam kondisi ‘mint’ dan berada dalam kotak aslinya. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat cacat pada box-nya seperti robek/ada bekas tergores/sobekan selotip/penyok atau lainnya.

Atau mungkin seal asli dari pabriknya pernah dibuka untuk melihat isinya namun kemudian di-seal lagi. Sehingga para penggemar bisa memahami apabila ada seller atau kolektor yang menjual barang dengan kondisi MIB tapi box-nya tidak sempurna.

MINT IN SEALED BOX/MISB
MISB merupakan grade diecast yang lebih tinggi dari MIB. Artinya bahwa baik diecast maupun box-nya berada dalam kondisi mint/perfect/sempurna. Seal pertama dari pabriknya tidak pernah dibuka sama sekali.

MINT ON CARD/MOC
Maksudnya adalah barang atau item yang dijual dalam kondisi ‘mint’ dan berada dalam card aslinya. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat cacat pada box-nya seperti robek/ada bekas tergores/sobekan selotip/penyok atau lainnya.

Atau mungkin seal asli dari pabriknya pernah dibuka untuk melihat isinya namun kemudian di-seal lagi. Sehingga para penggemar bisa memahami apabila ada seller atau kolektor yang menjual barang dengan kondisi MIC tapi card-nya tidak sempurna.

Maksud dari ‘CARD’ adalah cara packaging dari diecast berupa bagian seperti ‘papan’ dari karton dan untuk membungkus isinya menggunakan plastik mika (contohnya Hot Wheels, Johnny Lightning, Matchbox, dll). ‘Card’ juga ada yang menyebutnya ‘blister’.

MINT ON SEALED CARD/MOSC
MOSC merupakan grade diecast yang lebih tinggi dari MOC. Artinya bahwa baik diecast maupun CARD-nya berada dalam kondisi mint/perfect/sempurna. Seal pertama dari pabriknya tidak pernah dibuka sama sekali.

NEVER REMOVED FROM BOX/NRFB
NRFB artinya yaitu barangnya tidak pernah dikeluarkan dari box yang biasanya berupa karton sehingga belum pernah dipegang-pegang oleh siapapun. Istilah ini jarang digunakan di Indonesia karena jarang seller yang menjual diecast dalam bentuk kartonan.

BACK IN BOX/BIB
Artinya diecast yang berarti dimasukan kembali ke box atau card. Biasanya penjual hanya membuka diecast ini sekali untuk dipajang beberapa saat namun setelah itu dikembalikan ke box atau card aslinya.

Demikian istilah dalam dunia hobi koleksi Hotwheels. Terutama untuk para penggemar baru. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami dunia Hotwheels.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *